Sabtu, 17 Desember 2016


LAPORAN WAWANCARA
KAJIAN KURIKULUM PPKN
“Integrasi Nilai-Nilai Karakter Pada Mata Pelajaran Ppkn”
http://unlam.ac.id/id/wp-content/uploads/2015/05/Logo-Unlam.png
         Dosen Pembimbing :
Dr. H. Sarbaini, M.Pd
Reja Fahlevi, S.Pd., M.Pd

Di Susun Oleh:

Nama : SIRAJATUL HUDA
NIM :  A1A215035

PRODI PENDIDIKAN PANCASILA DAN KEWARGANEGARAAN
JURUSAN PENDIDIKAN ILMU PENGETAHUAN SOSIAL
FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN
UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
BANJARMASIN
2016


BAB 1
Pendahuluan
A.    Tujuan
Wawancara ini dilakukan untuk mengetahui kurikulum yang dipakai di sekolah-sekolah dan untuk mengetahui sistem pembelajaran di sekolah. Serta memahami tentang integrasi nilai-nilai karakter pada mata pelajaran PPKn serta untuk memenuhi tugas mata kuliah kajian kurikulum.
Bab II
Isi Laporan
B.      Narasumber
Tokoh yang menjadi narasumber dalam wawancara ini adalah salah satu guru mata pelajaran Pendidikan Pancasila dean Kewarganegaraan di SMPN 9 Banjarmasin yaitu Ibu Husdah Rahmaniah.
C.      Waktu
Wawancara ini dilakukan pada :
Hari : Senin
Tanggal : 14 November 2016
Pukul : 13.00 WITA
D.    Tempat
Wawancara ini dilaksanakan di SMPN 9 Banjarmasin
E.     Transkip Hasil Wawancara
Ø  Pewawancara : Selamat siang bu, saya dari mahasiswa Unlam mohon izin untuk meminta waktu ibu untuk bisa diwawancarai.
ü  Narasumber : Selamat siang, baiklah silahkan!
1.      PEMAHAMAN GURU TENTANG PENDIDIKAN KARAKTER
Ø  Pewawancara : kurikulum apakah yang diterapkan di sekolah ini.? Apakah KTSP atau Kurikulum 2013 ?
ü  Narasumber : di sekolhan ini masih memakai KTSP, dan akan memakai kurikulum 2013 pada tahun 2017.
Ø  Pewawancara : apakah sekohan ibu termasuk pilotting kurikulum 2013?
ü  Narasumber : tidak
Ø  Pewawancara : apakah ibu mengetahui tentang pendidikan karakter, bagaimana pemahaman ibu tentang pendidikan karakter ?
ü  Narasumber : menurut saya pendidikan karakter itu baik dan sangat penting karena pendidikan karakter berkaitan dengan pembentukan sikap, moral dan cinta tanah air.
Ø  Pewawancara : apakah ibu mengetahui tentang kebijakan perintegrasian pendidikan karakter dalam kegiatan pembelajran suatu mata pelajaran, melalui nilai-nilai karakter yang terdapat dalam mata pelajaran ? bagaimana pendapat ibu untuk mata pelajaran PPKn ?
ü  Narasumber: saya lupa dan kurang memahami tentang kebijakan tersebut.
Ø  Pewawancara : apakah ibu mengetahui posisi Pendidikan Kewarganegaraan dalam pelaksanaan pendidikan karakter di sekolah ? bagaimana posisi mata pelajaran Pendidikan Kewarganegaraan dalam pendidikan karakter di sekolah ?
ü  Narasumber : kalau menurut saya harusnya posisi nya sangat penting karena membentuk sikap, tapi kurang diperhatikan karena dianggap biasa dan tidak ada penekanan lagi dan tidak ada dalam UN sehingga dianggap biasa padahal itu penting.
2.      IDENTIFIKASI NILAI-NILAI KARAKTER DAN NILAI-NILAI KARAKTER UTAMA DALAM PPKn
Ø  Pewawancara : Apakah ibu mengetahui nilai-nilai karakter yang terdapat dalam mata pelajaran Pendidikan Kewarganegaraan ?nilai-nilai karakter apa saja,ibu ?
ü  Narasumber : nilai-nilai disiplin, dan tanggung jawab
Ø  Pewawancara : Menurut ibu, apakah mata pelajaran PPKn juga mempunyai nilai-nilai karakter utama, jika ya, apa saja nilai-nilai karakter utama itu?
ü  Narasumber : cinta tanah air

3.      IMPLEMENTASI NILAI-NILAI KARAKTER UTAMA DALAM PERENCANAAN PEMBELAJARAN PPKn
Ø  Pewawancara : Menurut ibu, apakah nilai-nilai karakter mata pelajaran PPKn diintegrasikan dalam perencanaan, baik silabi dan RPP, jika ya, bagaimana caranya, mohon contoh Silabi dan RPPnya? (Minta dokumennya atau minta ijin untuk difokopi)
ü  Narasumber : ya, nilai karakter mata pelajaran PPKn diintegrasikan dalam perencanaan. 
Ø  Pewawancara : Menurut ibu, apakah nilai-nilai karakter utama mata pelajaran PPKn juga diintegrasikan ke dalam perencanaan, jika, ya, bagaimana caranya, mohon contoh Silabi dan RPPnya? (Minta dokumennya atau minta ijin untuk difokopi)
ü  Narasumber : ya, nilai karakter utama mata pelajaran PPKn juga diintegrasikan dalam perencanaan. 


4.      IMPLEMENTASI NILAI-NILAI KARAKTER UTAMA DALAM PEMBELAJARAN PPKn
Ø  Pewawancara : Menurut ibu, apakah nilai-nilai karakter mata pelajaran PPKn yang diintegrasikan dalam perencanaan, telah dilaksanakan dalam pembelajaran, jika ya, bagaimana caranya? Mohon ijin nantinya untuk melihat pelaksanaan pembelajaran berdasarkan RPP yang memuat salah satu nilai karakter yang bapak/ibu buat?
ü  Narasumber : iya, caranya dengan adanya diskusi, tanya jawab, dan ceramah.
Ø  Pewawancara : Menurut ibu, apakah nilai-nilai karakter utama mata pelajaran PPKn yang diintegrasikan ke dalam perencanaan, telah dilaksanakan dalam pembelajaran, jika ya, bagaimana caranya?. Mohon ijin nantinya untuk melihat pelaksanaan pembelajaran berdasarkan RPP yang memuat salah satu nilai karakter utama yang ibu buat?
ü  Narasumber : iya, caranya juga dengan adanya diskusi, tanya jawab, dan ceramah.
5.      IMPLEMENTASI NILAI-NILAI KARAKTER UTAMA DALAM PENILAIAN PPKn
Ø  Pewawancara : Menurut ibu, bagaimanakah caranya melakukan penilaian pada pembelajaran PPKn yang mengintegrasikan nilai-nilai karakter, terutama nilai-nilai karakter utama?
ü  Narasumber : saya menilai tidak ditekankan pada pengetahuan, tetapi dilihat dari sikap dan usaha belajar dari peserta didik.


BAB III
Penutup
A.    Kesimpulan
Jadi, dapat disimpulkan bahwa pendidikan karakter disekolah sangat berperan penting terhadap anak, karena dalam pendidikan karakter terdapat pembentukan sikap, moral dan rasa cinta tanah air. Dan pendidikan karakter ini tidak hanya  melihat dari segi pengetahuan te4tapi lebih mengutamakan sikap perilaku anak.



LAMPIRAN FOTO

Tidak ada komentar:

Posting Komentar