LAPORAN WAWANCARA
KAJIAN KURIKULUM PPKN
“Integrasi Nilai-Nilai Karakter Pada Mata Pelajaran
Ppkn”

Dosen
Pembimbing :
Dr. H. Sarbaini, M.Pd
Reja Fahlevi, S.Pd., M.Pd
Di Susun Oleh:
Nama
: SIRAJATUL HUDA
NIM
: A1A215035
PRODI PENDIDIKAN PANCASILA
DAN KEWARGANEGARAAN
JURUSAN PENDIDIKAN ILMU
PENGETAHUAN SOSIAL
FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU
PENDIDIKAN
UNIVERSITAS LAMBUNG
MANGKURAT
BANJARMASIN
2016
BAB 1
Pendahuluan
A.
Tujuan
Wawancara ini dilakukan untuk mengetahui kurikulum yang dipakai di
sekolah-sekolah dan untuk mengetahui sistem pembelajaran di sekolah. Serta
memahami tentang integrasi nilai-nilai karakter pada mata pelajaran PPKn serta
untuk memenuhi tugas mata kuliah kajian kurikulum.
Bab II
Isi Laporan
B.
Narasumber
Tokoh yang menjadi narasumber dalam wawancara ini adalah salah satu guru
mata pelajaran Pendidikan Pancasila dean Kewarganegaraan di SMPN 9 Banjarmasin
yaitu Ibu Husdah Rahmaniah.
C.
Waktu
Wawancara ini dilakukan pada :
Wawancara ini dilakukan pada :
Hari : Senin
Tanggal : 14
November 2016
Pukul : 13.00
WITA
D.
Tempat
Wawancara ini dilaksanakan di SMPN 9 Banjarmasin
Wawancara ini dilaksanakan di SMPN 9 Banjarmasin
E.
Transkip Hasil Wawancara
Ø Pewawancara
: Selamat siang bu, saya dari mahasiswa Unlam mohon izin untuk meminta waktu
ibu untuk bisa diwawancarai.
ü Narasumber :
Selamat siang, baiklah silahkan!
1.
PEMAHAMAN GURU TENTANG PENDIDIKAN KARAKTER
Ø Pewawancara
: kurikulum apakah yang diterapkan di sekolah ini.? Apakah KTSP atau Kurikulum
2013 ?
ü Narasumber :
di sekolhan ini masih memakai KTSP, dan akan memakai kurikulum 2013 pada tahun
2017.
Ø Pewawancara
: apakah sekohan ibu termasuk pilotting kurikulum 2013?
ü Narasumber :
tidak
Ø Pewawancara
: apakah ibu mengetahui tentang pendidikan karakter, bagaimana pemahaman ibu
tentang pendidikan karakter ?
ü Narasumber :
menurut saya pendidikan karakter itu baik dan sangat penting karena pendidikan
karakter berkaitan dengan pembentukan sikap, moral dan cinta tanah air.
Ø Pewawancara
: apakah ibu mengetahui tentang kebijakan perintegrasian pendidikan karakter
dalam kegiatan pembelajran suatu mata pelajaran, melalui nilai-nilai karakter
yang terdapat dalam mata pelajaran ? bagaimana pendapat ibu untuk mata
pelajaran PPKn ?
ü Narasumber:
saya lupa dan kurang memahami tentang kebijakan tersebut.
Ø Pewawancara
: apakah ibu mengetahui posisi Pendidikan Kewarganegaraan dalam pelaksanaan
pendidikan karakter di sekolah ? bagaimana posisi mata pelajaran Pendidikan
Kewarganegaraan dalam pendidikan karakter di sekolah ?
ü Narasumber :
kalau menurut saya harusnya posisi nya sangat penting karena membentuk sikap,
tapi kurang diperhatikan karena dianggap biasa dan tidak ada penekanan lagi dan
tidak ada dalam UN sehingga dianggap biasa padahal itu penting.
2.
IDENTIFIKASI
NILAI-NILAI KARAKTER DAN NILAI-NILAI KARAKTER UTAMA DALAM PPKn
Ø Pewawancara : Apakah ibu mengetahui nilai-nilai
karakter yang terdapat dalam mata pelajaran Pendidikan Kewarganegaraan ?nilai-nilai
karakter apa saja,ibu ?
ü Narasumber : nilai-nilai disiplin, dan tanggung
jawab
Ø Pewawancara : Menurut ibu, apakah mata pelajaran
PPKn juga mempunyai nilai-nilai karakter utama, jika ya, apa saja nilai-nilai
karakter utama itu?
ü Narasumber : cinta tanah air
3.
IMPLEMENTASI
NILAI-NILAI KARAKTER UTAMA DALAM PERENCANAAN PEMBELAJARAN PPKn
Ø Pewawancara : Menurut ibu, apakah nilai-nilai
karakter mata pelajaran PPKn diintegrasikan dalam perencanaan, baik silabi dan
RPP, jika ya, bagaimana caranya, mohon contoh Silabi dan RPPnya? (Minta dokumennya
atau minta ijin untuk difokopi)
ü Narasumber : ya, nilai karakter mata pelajaran PPKn
diintegrasikan dalam perencanaan.
Ø Pewawancara : Menurut ibu, apakah nilai-nilai
karakter utama mata pelajaran PPKn juga diintegrasikan ke dalam perencanaan,
jika, ya, bagaimana caranya, mohon contoh Silabi dan RPPnya? (Minta dokumennya
atau minta ijin untuk difokopi)
ü Narasumber : ya, nilai karakter utama mata pelajaran
PPKn juga diintegrasikan dalam perencanaan.
4.
IMPLEMENTASI
NILAI-NILAI KARAKTER UTAMA DALAM PEMBELAJARAN PPKn
Ø Pewawancara : Menurut ibu, apakah nilai-nilai
karakter mata pelajaran PPKn yang diintegrasikan dalam perencanaan, telah
dilaksanakan dalam pembelajaran, jika ya, bagaimana caranya? Mohon ijin
nantinya untuk melihat pelaksanaan pembelajaran berdasarkan RPP yang memuat
salah satu nilai karakter yang bapak/ibu buat?
ü Narasumber : iya, caranya dengan adanya diskusi,
tanya jawab, dan ceramah.
Ø Pewawancara : Menurut ibu, apakah nilai-nilai
karakter utama mata pelajaran PPKn yang diintegrasikan ke dalam perencanaan, telah
dilaksanakan dalam pembelajaran, jika ya, bagaimana caranya?. Mohon ijin
nantinya untuk melihat pelaksanaan pembelajaran berdasarkan RPP yang memuat
salah satu nilai karakter utama yang ibu buat?
ü Narasumber : iya, caranya juga dengan adanya
diskusi, tanya jawab, dan ceramah.
5.
IMPLEMENTASI
NILAI-NILAI KARAKTER UTAMA DALAM PENILAIAN PPKn
Ø Pewawancara : Menurut ibu, bagaimanakah caranya
melakukan penilaian pada pembelajaran PPKn yang mengintegrasikan nilai-nilai
karakter, terutama nilai-nilai karakter utama?
ü Narasumber : saya menilai tidak ditekankan pada
pengetahuan, tetapi dilihat dari sikap dan usaha belajar dari peserta didik.
BAB III
Penutup
A. Kesimpulan
Jadi, dapat
disimpulkan bahwa pendidikan karakter disekolah sangat berperan penting
terhadap anak, karena dalam pendidikan karakter terdapat pembentukan sikap,
moral dan rasa cinta tanah air. Dan pendidikan karakter ini tidak hanya melihat dari segi pengetahuan te4tapi lebih
mengutamakan sikap perilaku anak.
LAMPIRAN
FOTO


Tidak ada komentar:
Posting Komentar